Kurikulum dan Riset

Oleh: admin

Mata Kuliah Islamisasi Ilmu Pengetahuan

Sebagai salah satu program strategis UNIDA Gontor, implementasi Islamisasi Ilmu diterapkan dalam berbagai ranah. Khususnya dalam ranah akademik. Di mana, setiap mahasiswa program studi diwajibkan mengambil mata kuliah Islamisasi Ilmu secara berjenjang di setiap semesternya. Adapun dasar dari kebijakan ini mengacu pada SK Rektor tentang Mata Kuliah Islamisasi sebagai mata kuliah wajib institusional; yang tergabung dalam Pedoman Kurikulum Islamisasi.

Di antaranya beberapa materi tersebut adalah: 1) Worldview Islam 2) Studi al-Qur’an 3) Studi al Hadits 4) Sejarah Peradaban Islam 5) Epistemologi Islam dan 6) Islamisasi Ilmu Pengetahuan. Selain itu, terdapat pula mata kuliah wajib program studi yang berafiliasi dengan materi tersebut. Misalnya: 1) Halal Agro Industri 2) Sejarah Politik Islam dan 3) ICT in Islam. Monitoring dan Evaluasi dilaksanakan di antaranya dalam bentuk koordinasi bersama Fakultas (lihat berita).

RPS Mata Kuliah Islamisasi Ilmu

  1. Full RPS Booklet (versi 2017)
  2. Worldview Islam Aqidah [format OBE ready]
  3. Worldview Islam Syariah [format OBE ready]
  4. Studi Qur’an [format OBE ready]
  5. Studi Hadist [format OBE ready]
  6. Sejarah Peradaban Saintek dan Humaniora Islam [format OBE ready]
  7. Sejarah Peradaban Manajemen Islam
  8. Sejarah Peradaban Saintek Islam
  9. Sejarah Peradaban Politik Islam
  10. Sejarah Peradaban Komunikasi Islam
  11. Sejarah Peradaban Kedokteran Islam
  12. Epistemologi Islam [format OBE ready]
  13. Halal Agro Industry
  14. Agrotech Islam
  15. ICT in Islam
  16. Ilmu Hubungan Internasional Islam
  17. Ilmu Komunikasi Islam
  18. Islamic Nutrition
  19. Fiqih Farmasi
  20. Occupational Safety and Health in Islam
  21. Islamisasi Ilmu Pengetahuan Kontemporer [format OBE ready]

Riset berbasis Islamisasi

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 20, Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat disamping melaksanakan pendidikan sebagai wujud tri dharma perguruan tinggi. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, bahwa penelitian di perguruan tinggi diarahkan untuk Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa. Dalam pasal tersebut juga ditegaskan bahwa pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan sivitas akademika dalam mengamalkan dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Berdasarkan Piagam wakaf, Universitas Darussalam Gontor memiliki tujuan untuk menjadi kampus yang bermutu dan berarti. Sebagai perguruan tinggi juga memiliki peran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud kampus yang bermutu dan berarti. Rencana Stretegis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Darussalam Gontor tahun 2018 – 2022 bertujuan dalam menentukan arah dan tujuan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan tema Pengembangan Penelitian Iptek Berbasis Islamisasi Ilmu Pengetahuan menuju Universitas Yang Bermutu Dan Berarti serta Berkhidmat Bagi Bangsa merupakan pedoman dan acuan program penelitian UNIDA Gontor. Harapannya semua penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan arah kebijakan tersebut.

Riset Mahasiswa

Dalam tataran formal, riset mahasiswa dapat berupa artikel ilmiah hingga Tugas Akhir (Skripsi). Sebagai penyesuaian atas kebijakan riset di Universitas Darussalam Gontor, dilakukan koordinasi secara berkelanjutan antara Program Studi dengan Direktorat Islamisasi. Di antara bentuknya adalah Penetapan Tema Penelitian Skripsi dan Monitoring Judul Skripsi. Skemanya sederhananya; seluruh mahasiswa yang mengajukan judul Skripsi diharuskan melakukan konsultasi akademik dengan dosen yang memahami konsep Islamisasi. Atau dapat secara formal berkonsultasi langsung kepada dosen di kantor Islamisasi. Selain itu, mahasiswa juga diwajibkan untuk sudah lulus Materi Program Bahasa dan Materi Islamisasi yang diujikan pada MKDU.

Riset Dosen

Dalam tingkat lanjutan, penelitian dosen turut mendapat perhatian serupa. Dalam hal ini, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) bekerja sama dengan Direktorat Islamisasi dalam mengarahkan riset dosen kepada Isu Strategis bidang Islamisasi Ilmu Pengetahuan khususnya, dan yang berkaitan dengan visi dan misi UNIDA pada umumnya. Hal ini dapat dilihat pada Panduan Hibah Internal yang dikeluarkan oleh LPPM saat UNIDA mulai ditempatkan di Cluster Madya. Sebelum pedoman tersebut ditetapkan, telah dilaksanakan pula berbagai koordinasi formal maupun non-formal yang linear dengan Rencana Strategis Penelitian di UNIDA Gontor. Khususnya dalam pembahasan kolaborasi penelitian hingga penyusunan proposal penelitian.

Beberapa contoh karya Dosen yang berdimensi Isu Strategis Islamisasi Ilmu (lihat ringkasan di sini)

Buku Ajar
  1. Halal AGRO Industri, 2020 (Buku Ajar)
  2. Worldview Islam: Penjelasan tentang Konsep Kunci dalam Islam, 2018 (Buku Ajar)
  3. Tradisi Intelektual Islam: Melacak Sejarah Peradaban Ilmu dalam Islam, 2020 (Buku Ajar)
Jurnal Ilmiah dan Prosiding
Gambar Post

Hibah Internal di UNIDA

Rabu pagi. 24 Maret 2021. Sudah sejak pukul 08.00, tiket masuk ke ruang online zoom…
Gambar Post

Bimtek dan Review Penyusunan Kurikulum berbasis OBE

Ahad pagi. 21 Maret 2021. Acara dimulai dengan registrasi peserta. Termasuk juga Prof. Dr. Ir.…
Gambar Post

Asesmen Lapangan Doktoral AFI UNIDA Gontor

Jumat, 27 Februari 2021 Dengan hadirnya Prof. Dr. KH Amal Fathullah Zarksyi, M.A, berikut para…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *