Diskusi Pekanan Mahasiswa

Oleh: admin

Legalitas

Kegiatan Diskusi Pekanan Mahasiswa diselenggarakan berdasarkan SK Rektor tentang Diskusi Mahasiswa. Pelaksanaannya mengacu pada SOP Diskusi Pekanan. Awalnya, kegiatan ini dilaksanakan setiap Jum’at malam. Selanjutnya, mulai Agustus 2020 semester Ganjil; diganti ke hari Sabtu siang atas instruksi dan Arahan Bapak Wakil Rektor 1 bidang akademik Dr Hamid Fahmy Zarkasyi, M.Ed., M.Phil dan telah disosialisasikan dalam Peta Konsep Diskusi Mahasiswa.

Sistematika dan Proses

Sistematika diskusi, diatur dalam SOP Diskusi Pekanan. Tahap pertama adalah penyusunan Materi; kedua adalah sosialisasi dan Pelatihan Mentor (lihat berita). Ketiga adalah Monitoring dan Pengawalan. Keempat adalah Monitoring dan Evaluasi (lihat berita). Penyusunan Materi Diskusi dilaksanakan atas kerjasama dengan dosen di seluruh Program Studi. Koordinasi dilaksanakan terjadwal selama 5 hari; dengan durasi penyusunan materi (tahun 2020) selama 3 pekan.

Tahap Pertama adalah Penyusunan Materi. Materi dibagi menjadi 2 jenis; yakni materi yang diambilkan dari kurikulum Islamisasi (worldview Islam) dan kurikulum integratif yang disusun oleh prodi dengan koordinasi bersama Direktorat Islamisasi. Seluruh materi yang sudah jadi, dipusatkan secara online di Google Drive Islamisasi. Berikut pula dengan pembagian kelompok diskusi mahasiswa, Denah Kelas Diskusi, dan kalender kampus secara umum.

Tahapan kedua adalah Sosialisasi dan Pelatihan mentor. Pada tahap ini, seluruh mentor (dari semester 7) diundang untuk hadir dalam pengarahan umum serta praktek berdiskusi. Selain itu, mentor juga diwajibkan untuk membaca lebih dahulu materi-materi diskusi yang telah disusun oleh program studi masing-masing. Para mentor juga diarahkan seputar teknis diskusi (lihat berita).

Tahapan ketiga adalah pelaksanaan. Yang meliputi monitoring dan pengawalan program Diskusi Mahasiswa. Diskusi dilaksanakan di ruang-ruang kelas sesuai denah yang ditentukan. Kegiatan dimulai pukul 13.30 tepat. Mahasiswa yang hadir membubuhkan tanda tangan kehadiran di absensi. Mentor kemudian memulai diskusi dengan menyampaikan prolog. Tentang materi diskusi, hingga rumusan masalah yang akan dijawab dalam diskusi kali ini.

Mentor diskusi adalah semester 7 yang telah melalui masa bimbingan yang disebut ‘briefing mentor pekanan’. Dalam acara ini, seluruh mentor mendapat pengarahan teknis terkait materi yang akan disampaikan dalam diskusi pekan depannya. Mentor terbagi menjadi dua kelompok. Setiap mentor membimbing mahasiswa untuk berdiskusi sebanyak 1 kali dalam 2 pekan. Dan mendapat briefing sebanyak 1 kali dalam 2 pekan. Dengan total 10 materi; diharapkan mentor mendapat briefing sebanyak 5 kali dan membimbing diskusi sebanyak 5 kali pula. Dokumentasi kegiatan briefing dapat dilihat di sini.

Tahap keempat adalah Monitoring dan Evaluasi. Kegiatan ini dilaksanakan di akhir diskusi pekanan. Yang melibatkan seluruh peserta diskusi untuk diberi sosialisasi hingga evaluasi seputar pelaksanaan diskusi. Berikut diberikan reward dan punishment bagi yang berhak. Misalnya, mahasiswa yang berprestasi dan aktif serta mendapat nilai AKPAM yang tinggi. Bahan evaluasi disusun dengan musyawarah bersama direktur Islamisasi. (lihat bahan di sini-2020)

Dokumentasi Kegiatan

seorang mahasiswa menyampaikan pendapat
Penyerahan Penghargaan bagi mahasiswa teladan dalam diskusi
Diskusi Mahasiswa di Kelas-kelas
Kegiatan Kajian Pekanan yang diampu oleh Wakil Rektor 1 Dr Hamid Fahmy Zarkasyi, M.Ed., M.Phil

Arsip dan Dokumen Lama

Gambar Post

Asesmen Lapangan Doktoral AFI UNIDA Gontor

Jumat, 27 Februari 2021 Dengan hadirnya Prof. Dr. KH Amal Fathullah Zarksyi, M.A, berikut para…
Gambar Post

Simulasi Asesmen Lapangan Pascasarjana S-3 Universitas Darussalam Gontor

25 Februari 2021 Sudah sejak pagi. Staf sudah stand by di Ruang Rapat Senat. Sewaktu…
Gambar Post

Direktorat Islamisasi terbitkan berita Bekerjasama dengan web UNIDA Gontor.

Kolaborasi antar bagian memang sangat bermanfaat. Apalagi, dalam kampus bersistem pesantren; yang menekankan ukhuwah dalam…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *