Pertemuan Dwi Pekanan Dosen

Oleh: admin

Sabtu, 6 Februari 2021. Di Aula Terpadu lt 4. Prof DR KH Hamid Fahmy Zarkasyi membuka pertemuan. Dengan menyampaikan berita, bahwa beberapa mahasiswa ada 18 orang yang masih mati rasa. Saat itu, beliau menyampaikan bahwa Prof Firmanzah rektor Paramadina meninggal dunia. Karena vertigo.

Beliau menegaskan, bahwa di perguruan tinggi pesantren, segala pekerjaan bernilai ibadah. Dan harus diniatkan untuk sedemian. Yakni agar mengikhlaskan diri dalam mengerjakan tugas. Beliau juga mengingat kesan tentang KH Imam Zarkasyi almarhum. Saat mengarahkan santri untuk membentu pengecoran gedung Saudi. “Hari ini, kita tidak masuk kelas. Untuk ngecor. Ikhlas atau tidak ikhlas, kita semua akan ngecor. Maka beruntunglah yang ikhlas”

Inilah ciri khas di Gontor. Bahwa ikhlas akan ‘menyehatkan’ jiwa. Saat kita bekerja, berarti kita ‘memberi’. Baik ilmu maupun pelayanan. Atau membantu sesama. Mengajar itu menyehatkan. Selain transfer ilmu, bisa melakukan tausiyah. Saat tausiyah, yang terpenting adalah mampu menginternalisasikan nasehat ke dalam diri sendiri.

Selanjutnya, beliau membacakan struktur UNIDA. Termasuk internal Sekretaris Universitas. Di antaranya, ada bagian di bawahnya seperti rumah tangga, protokol, dan lainnya.

Beliau juga menugaskan sekretariat universitas untuk membuat semacam jurnal. Berisi record seluruh kegiatan akademik dan non akademik. Mungkin semacam Wardun di Gontor. Karena, segala kegiatan dan prestasi perlu di record dalam berita dan diketahui seluruh civitas akademika.

Beliau juga memberi catatan, bahwa jika di suatu prodi terlalu banyak dosennya, agar di S-3 kan. Selain untuk keseimbangan rasio, perlu ditingkatkan menuju banyaknya jumlah doktor. Agar membuka S-2 dalam berbagai bidang. Dan membuka kelas internasional. Karena, ada dosen yang mau tapi belum mampu. Termasuk juga yang mampu, tapi tidak mau.

Dilanjutkan dengan Dr Abdul Hafidz Zaid. Menyampaikan tentang tertib administrasi di tataran akademik. Termasuk penggunaan akun di bawah Kemenristekdikti. Di antaranya: Sinta, Sister, NINA, dan lainnya. Khusus saat ini, yang dibahas adalah Ijazah. Yang akan terkait dengan SKPI yang merupakan penilaian atas kompetensi mahasiswa dari segi non akademik. Karena, kompetensi ini akan menjadi bukti pendukung atas rekomendasi rektor tentang studi lanjut.

Beliau juga membacakan maklumat tentang mahasiswa yang lewat semester 14 bagi S-1 dan Semester 8 bagi S-2.

Selain itu, beliau menginfokan tentang jadwal kunjungan kelas 6 KMI ke UNIDA. Dalam beberapa hari, sekaligus menulis angket PMB.

Dr Setiawan Lahuri menyampaikan hal tentang administrasi sistem. SiBaPer. Yakni sistem badan Penyelenggara Perguruan Tinggi. Yang memverifikasi nama pengelola dan fungsionaris di perguruan tinggi. Selain itu, beliau menegaskan tentang karir dosen, kepangkatan, dan akun resmi lainnya. Yakni portal update data dan lainnya.

Selain itu, beliau menjelaskan bahwa pembiayaan kegiatan di UNINDA Gontor hanya dibayar sekitar 48% oleh mahasiswa itu sendiri. Sedangkan sisanya, dibiayai penuh. Oleh dana wakaf dari Pondok Modern Darussalam Gontor. Maka, yang seharus mahasiswa membayar 18 juta per tahun; hanya menbayar 7 juta saja.

Info lainnya, tentang kepangkatan dosen dan Studi S-3. Dimana, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, ustadz Haris Setyaningrum mendapat beasiswa S-3 dari Pemerintah Australia bekerjasama dengan UGM. Untuk kepangkatan baru, beberapa dosen sudah masuk review untuk ke Asisten Ahli.

Sesi terakhir, Dr Khoirul Umam menyampaikan terkait pimnas. Yakni semacam olympiade bagi mahasiswa ditingkat Nasional RistekDikti. Ini juga menjadi bagian penilaian atas perguruan tinggi. Ini termasuk bagian dari PKM. Program Kreatifitas Mahasiswa. Ini memiliki jatah pendanaan proposal yang cukup besar. Juga nilai kredit yang unggul dari segi kualitas mahasiswa. Bahkan, saat presentasi proposal; banyak pengusaha yang hadir. Untuk mendapatkan kreatifitas yang bisa diakomodir mendukung bisnisnya.

Gambar Post

Asesmen Lapangan Doktoral AFI UNIDA Gontor

Jumat, 27 Februari 2021 Dengan hadirnya Prof. Dr. KH Amal Fathullah Zarksyi, M.A, berikut para…
Gambar Post

Simulasi Asesmen Lapangan Pascasarjana S-3 Universitas Darussalam Gontor

25 Februari 2021 Sudah sejak pagi. Staf sudah stand by di Ruang Rapat Senat. Sewaktu…
Gambar Post

Direktorat Islamisasi terbitkan berita Bekerjasama dengan web UNIDA Gontor.

Kolaborasi antar bagian memang sangat bermanfaat. Apalagi, dalam kampus bersistem pesantren; yang menekankan ukhuwah dalam…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *