Hibah Internal di UNIDA

Oleh: admin

Rabu pagi. 24 Maret 2021. Sudah sejak pukul 08.00, tiket masuk ke ruang online zoom sudah dishare. Oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNIDA Gontor. Acara kali ini adalah monitoring dan evaluasi. Kegiatan Hibah Internal UNIDA Gontor, yakni pemberian dana hibah untuk berbagai model penelitian. Khususnya Penelitian Dosen. Baik dari Penelitian Stimulus Dosen dengan skema dana maksimal 3 juta, hingga Pengabdian Masyarakat serta penelitian Doktor Berdaya.

Acara diawali dari MC. Bu Nurvia membacakan susunan acara pagi ini. Kemudian, sambutan dari Ketua LPPM. Yakni Dr M. Fajar Pramono, M.Si. Beberapa point pentingnya, bahwa kegiatan Hibah Internal ini memang memiliki berbagai keterbatasan. Namun dalam konteks UNIDA, yakni keikhlasan, kita tetap perlu mengingat tanggungjawab yang melekat dengan kita. Termasuk tanggungjawab kepada Allah. Juga kepada institusi. Selain juga pertanggungjawaban akademik, yang dibuktikan dengan adanya luaran dari hibah internal ini.

Menurut beliau, bahwa meski ini kegiatan internal, tetap beberapa skema tetap menggunakan parameter pertanggungjawaban bagi semua. Meski tidak akan seketat penelitian di lingkungan kemenristekdikti. Justru, kita mengusahakan kemudahan dalam administrasi, namun menghasilkan output dan luaran yang maksimal. Apalagi, dana penelitian ini berasal dari dana wakaf Gontor. Ini tentu membutuhkan tanggungjawab yang optimal.

Beberapa evaluasi untuk dijadikan pelajaran bersama, bahwa dalam monev ini targetnya adalah penyerapan anggaran sebanyak 70%. Termasuk juga kegiatannya, juga proses luarannya. Termasuk juga kecermatan dalam mengelola uang dan proses penelitian. Selain itu, kita perlu mampu membangun kerjasama dalam tim. Karena di antara penyebab minimnya keterserapan anggaran juga dari segi kekompakan tim. Termasuk dalam publikasi internasional. Apalagi publikasi di tingkat Lektor Kepala dan Guru besar. Tentu akan perlu kerjasama lintas disiplin sekalipun. Pelajaran selanjutnya, adalah dari segi reviewer.

Bahwa para reviewer ini adalah dosen yang sudah selesai dan berpengalaman melaksanakan penelitian di tingkat Ristekdikti. Melibatkan para dosen tersebut, adalah kepentingan pendidikan. Khususnya dengan kehadiran para senior di sini; akan menambah semangat dan kondusifitas iklim akademik dari kegiatan ini. Kemudian beliau mensilakan Dr. M. Khoirul Umam, M.Ec selaku warek 3.

Beliau memberikan beberapa sambutan penting. Khususnya, terkait dana penelitian ini merupakan berkah dari wakaf Gontor. Kegiatan ini termasuk salah satu cara dalam mensyukuri perkembangan ini. Sehingga, agar dapat maksimal; perlu kita memperhatikan berbagai aspek seperti administrasi, hingga luaran. Orientasi kita berbeda dengan penelitian di luar; karena kita berada di UNIDA Gontor. Beliau berpandangan, bahwa banyak penelitian yang memiliki judul menarik. Bahkan, bisa dipublikasikan di tingkat Nasional dan Internasional sekalipun. Beliau juga menyarankan beberapa judul untuk dijadikan paten. Tentu, ini dilakukan sebelum dipublikasikan.

Beliau pun berkesan, bahwa tingkat kesadaran penelitian perlu digalakkan. Meski sudah meningkat sedemikian rupa. Apalagi, dosen dalam konteks ini adalah memiliki fungsi serupa ulama. Yakni perlu melaksanakan amanat keilmuan berupa mengajar, lantas juga melakukan penelitian terkait bahan yang diajarkan untuk dapat dipublikasikan. Penelitian ini pun, turut melekat dengan status kita sebagai dosen. Ini adalah kerja ilmiah yang penting. Termasuk juga para reviewer yang telah berkenan ikut serta dan melakukan review. Beliau turut mengucapkan selamat atas kesempatan yang didapat dari penelitian ini.

Yang terpenting, kita perlu memantapkan niat agar penelitian ini menjadi berkah. Khususnya, dari segi maksimalisasi luarannya. Beliau mengakhiri sambutannya dengan memimpin doa bersama bagi peserta acara daring kali ini.

Usai pembukaan resmi, seluruh peserta diundang ke ruangan zoom yang terpisah bersama reviewer masing-masing. Utusan tim penelitian dari Islamisasi, berkesempatan mendapat skema PSD; sehingga ikut serta di ruangan A1. Di sana, bersama moderator dan 2 reviewer. Yakni ustadz Fadhlan Nur Hakiem, M.Si dan ustadzah Imroatul Istiqomah, M.PI.

Presentasi pertama dari Tim Ushuluddin, yang diketuai oleh ustadz H. Syamsul Hadi Untung, M.A., M.Ls dan anggotanya adalah Muttaqin, M.Ag dan M. Kharis Majid, M.Ag. Yang membuat penelitian tentang model dakwah di era modern; yakni mengkaji konten di Youtube terkait dakwah yang memiliki berbagai model. Khususnya, model Islam Populer, yakni terkait video yang banyak menarik non muslim untuk menjadi muallaf. Dalam laporan tersebut, beliau juga menyampaikan proses pencapaian luaran yang dituju, serta target hasil penelitiannya.

Presenter kedua, dari ust Hadi Fathurrizka, M.Ag. Yang meneliti tentang teori pembebasan jiwa menurut al-Attas. Yang mempresentasikan kali ini adalah ust Usmanul Khakim, M.Ag tentang pengumpulan data dan proses analisa datanya. Luarannya berupa artikel di jurnal nasional dan HKI. Untuk artikel sedang proses dan akan terbit di bulan September 2021 nanti. ust Usmanul Khakim juga mempresentasikan tentang luarannya.

Presenter selanjutnya, dari Prodi PBA, yakni ustadzah Riza Nur Laila, M.Pd; namun terkendala dan diberikan waktu kepada ustadz Ahmad Niayatullah, M.Pd dan ustadz Idris Rochmadi, M.Pd. yang melakukan penelitian tentang Tracer Study dan pengaruhnya dari segi nilai mahasiswa. Usai itu, barulah ustadzah Riza melanjutkan presentasi tentang metode pembelajaran, yakni Functional and Categorical Statement dalam pembelajaran Sintaksis.

Kami mendapat kesempatan untuk mempresentasikan penelitian. Yang terkait dengan Manuskrip Sains Islam. Dari segi identifikasinya, maupun berbagai perpustakaan online yang menyediakan manuskrip tersebut. Penelitian ini dilakukan bersama 6 mahasiswa; yang sudah berhasil menulis luaran di jurnal. Saat ini, sudah 1 paper dipresentasikan di Seminar Internasional dan 1 artikel yang sudah in editing di jurnal Fikra. Serta 2 artikel di jurnal al-Tsaqafa dan jurnal Iqra. Semuanya sedang proses in review.

Menyusul setelah itu, yakni tim ustadzah Zulfatus Sa’diyah, M.E. mempresentasikan penelitian tentang pembiayaan yang bermasalah di BMT. Ada pula ustadz M Ulul Azmi, M.H tentang Manajemen Wakaf Produktif di Gontor. Lalu ustadz Fahman Mumtazi, MA dengan penelitian berjudul Bundo Kanduang dalam Perspektif Worldview Islam. Ini penelitian lapangan bersama ustadz Arif Dian Santoso, M.H.

Berikutnya, penelitian berjudul Strategi Bisnis Pemasaran Sate Setono Ponorogo. Oleh ustadzah Sheema Haseena Armina, S.E., M.SEI. dan ust Mufti Afif, Lc., M.A

Dilanjutkan oleh ust Haerul Akmal, M.H yang meneliti tentang koperasi pelajar di Gontor 5 Magelang. Acara dilanjutkan hingga selesai. Setidaknya, terdapat 12 peserta yang ada di ruang A-1 semuanya telah selesai mempresentasikan perkembangan penelitiannya.

Gambar Post

Hibah Internal di UNIDA

Rabu pagi. 24 Maret 2021. Sudah sejak pukul 08.00, tiket masuk ke ruang online zoom…
Gambar Post

Bimtek dan Review Penyusunan Kurikulum berbasis OBE

Ahad pagi. 21 Maret 2021. Acara dimulai dengan registrasi peserta. Termasuk juga Prof. Dr. Ir.…
Gambar Post

Asesmen Lapangan Doktoral AFI UNIDA Gontor

Jumat, 27 Februari 2021 Dengan hadirnya Prof. Dr. KH Amal Fathullah Zarksyi, M.A, berikut para…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *